-->
Advertise
Advertise

Cara Menghilangkan Tanggal Posting Blog Dari Mesin Pencari Google

Advertise
Apakah yang seperti ini bagus untuk SEO?
Pembahasan yang ditandai dengan garis merah 
Abdul Hamid Info - Cara menyembunyikan atau menghilangkan tanggal posting blog dari hasil pencarian dihalaman google ada yang berhasil dan ada yang tidak, alias gagal. Bahkan blog yang membuat artikel tentang “Cara menyembunyikan tanggal posting”, tanggal serta tahunnya masih terpampang jelas dimesin pencari. Silahkan cek aja di google dengan kata kunci tersebut, atau dengan kata kunci “menghapus tanggal postingan dari google”

Apa ada yang salah tentang artikel itu? Atau mereka belum melakukan praktek sebelumnya? Baiklah, saya tidak akan membahas tentang hal tersebut, tetapi apa fungsi dan manfaat menghilangkan tanggal serta tahun dalam postingan. Apakah tidak melanggar pedoman mutu webmaster?

Sebenarnya pihak google sendiri tidak pernah menyarankan untuk menghilangkan tanggal dan tahun di postingan, bahkan ketika kita berusaha melakukan hal tersebut akan menunjukkan hasil eror ketika kita kembali mengecek template di Structured Data Testing Tool, ataupun dihalaman google webmaster > Structured Data. seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Apakah tidak melanggar pedoman mutu webmaster?
Hampir semua artikel mengalami missing update, begitu pula jika kita menghilangkan fungsi author, maka yang terjadi dihalaman google webmaster adalah missing author. Apakah yang seperti ini bagus untuk SEO? Mari kita simak uraian selanjutnya.

Kita lupakan sejenak aturan SEO yang kita bicarakan.

Apabila kita melihat semua artikel google, terutama halaman support google, disana tidak pernah mencantumkan tanggal serta tahun artikel tersebut dibuat. Bahkan ketika kita mencari artikel dan kebetulan menemukan halaman support google, semua tanggal dan tahun posting tersebut tidak pernah ada.

Kita bisa ambil contoh lagi halaman Wikipedia, anda juga tidak akan pernah menemukan tanggal, bulan serta tahun dipencarian google yang berkaitan dengan artikel wikipedia (biasanya dengan kata kunci tunggal). Kita akan tau tanggal artikel tersebut dibuat atau diperbaharui pada halaman artikel dibagian paling bawah. Nah, masih bertanya tentang SEO?

Jadi menghilangkan atau menyembunyikan tanggal serta tahun posting blog tidak akan mempengaruhi SEO atau kesehatan situs. Walaupun terlihat banyak eror dihalaman google webmaster (struktur data) dan hal itu tidak akan berpengaruh sama sekali jika kita melakukannya dengan benar.

Justru artikel akan terlihat SEO, apabila seorang pengunjung melakukan pencarian 2 – 3 tahun yang akan datang, artikel masih terlihat baru karena pengunjung tidak mengetahui atu tidak melihat tanggal serta tahun dalam artikel tersebut. Semakin artikel tersebut banyak dibuka maka kekuatan SERP (Search Engine Results Page) akan terus meningkat.

Cara menyembunyikan tanggal posting dari hasil pencarian google

Mungkin anda pernah coba cara ini, karena sudah banyak teman blogger yang memposting. Jika anda belum berhasil menghilangkan tanggal dan tahun dalam postingan, bisa coba sedikit trik dibawah ini yang sudah saya praktekkan sendiri dan terbukti berhasil.

☑ Buka dashboard blogger anda, masuk ke halaman tata letak > blog post.
☑ Klik bagian edit, dan hilangkan semua centang pada kotak. Seperti gambar dibawah.
Semakin artikel tersebut banyak dibuka maka kekuatan SERP (Search Engine Results Page) akan terus meningkat.
☑ Jika sudah selesai, klik simpan.

Akan terlihat eror jika kita langsung mengecek template dihalaman Structured Data Testing Tool, hal ini wajar dan tidak menjadi masalah.

Tunggu sampai halaman eror ini terdeteksi dihalaman goole webmaster (seperti gambar paling atas) biasanya proses ini membutuhkan waktu 2-3 hari, atau bahkan lebih. Cek saja dihalaman google webmaster, sampai terlihat pesan eror tersebut.

Jika sudah muncul pesan eror dihalaman webmaster, maka kembali ke dashboard blogger anda.

Masuk ke halaman tata letak > blog post . centang hanya dibagian

✔ Diposkan oleh
✔ komentar
✔ Lalu klik simpan

Maka untuk posting selanjutnya, tanggal serta tahun akan disembunyikan dari hasil pencarian di google. Untuk posting lama membutuhkan waktu antara 14 hari dan mungkin bisa lebih, jadi harap bersabar saja.

Lantas bagaimana dengan halaman template kita yang eror di Structured Data Testing Tool?

Begitu kita mencentang “Di poskan oleh” maka halaman eror di template akan kembali normal. tetapi dihalaman google webmaster akan tetap terjadi peringatan eror, dan bahkan terus bertambah jika kita menambah posting. tetapi menurut saya itu tidak menjadi masalah. (hanya Warning saja).

Sumber:

Baca Juga
Halaman:
Advertise

Post a Comment

Abdul Hamid Info sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.
Post a Comment
tes4 tes4 tes4 tes4
tes5 tes5 tes5 tes5 tes5
Advertise
CLOSE