-->
Advertise
Advertise

Cara Agar Video di Youtube Tidak di Duplikat

Advertise
Abdul Hamid Info - Setiap kali ada produk yang asli pasti ada yang bakal jadi penirunya, baik itu meniru sebagai parodi saja bahkan menduplikatnya. Dalam hal ini banyak sekali kita mendapatkan video-video yang sama dengan judul yang berbeda di youtube, ini merupakan salah satu tindakan para pencuri video untuk bersaing dengan channel kita.

Saya pikir bisa mengatasi masalah ini seperti halnya pada Duplicate Content di blogger, tapi ini berbeda. Di blogger kita bisa memasangkan DCMA, Copyscape dan lain sebagainya untuk mengatasi pencurian artikel. tetapi di youtube kita hanya bisa menyetel video mana yang bisa diunggah kembali dan video mana yang tidak bisa diunggah kembali.

Apa sebenarnya tujuan dari pencurian video/duplicat video ini ? Yang paling utama tentu saja untuk memperbanyak video pada channel pelaku dan dengan begitu penontonnya semakin ramai seiring dengan persaingannya dengan channel youtube kita, ada juga yang bertujuan untuk mencari recehan adsense tetapi karena faktor malas membuat video maka mencurilah solusinya. Maka dari itu kita harus lebih teliti pada saat mengunggah video pada channel kita.

Apa yang harus dilakukan supaya video di channel youtube kita bisa mendapatkan hak paten ? Sebenarnya setiap video yang sudah diupload pada suatu channel youtube sudah mendapatkan hak cipta dari youtube, namun kita keliru pada bagian mengizinkan/tidak mengizinkan pengguna lain untuk menggunakan video kita kembali, dalam hal ini biasa disebut Creative Commons/Lisensi Standar Youtube.

Pada artikel sederhana saya kali ini, saya akan memberikan sedikit solusi yang mungkin saja bisa membantu anda yang sedang mencari cara untuk mencegah pencurian video di channel anda. Mari simak tutorial sederhana dibawah ini.

Membuat Hak Cipta Video Di Youtube

Hal yang pertama anda harus lakukan tentu saja login ke akun youtube anda dan buka layout PENGELOLA VIDEO >> Video di dashbord channelnya. Perhatikan gambar untuk lebih jelasnya !!!
Selanjutnya carilah video yang masih bisa di upload oleh pengguna akun yotube yang lain, lihat pada lambangnya!!!
Sekarang kita akan mengubah izin duplikat video pada channel kita, klik Edit pada vidio yang masih memiliki lambang Creative Commons, lalu buka Setelan lanjutan dan ubah pilihannya dari Creative Commons menjadi Lisensi Standar Youtube, terakhir Simpan Perubahan dan video anda tidak boleh di unggah lagi oleh pengguna youtube lain.
Anda bisa menentukan video yang boleh diambil oleh orang lain dan yang tidak boleh, intinya adalah: Creative Commons tandanya video yang boleh digunakan kembali oleh orang lain, sedangkan Lisensi Standar Youtube yaitu video yang tidak boleh di duplicate. Caranya cukup mudah, tetapi tanpa ilmu semua jadi susah.

Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda.

Sumber:

Baca Juga
Halaman:
Advertise

Post a Comment

Abdul Hamid Info sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.
Post a Comment
tes4 tes4 tes4 tes4
tes5 tes5 tes5 tes5 tes5
Advertise
CLOSE