-->
Advertise
Advertise

Cara Menghapus Widget atau Gadget di Blogger - Blogspot

Advertise
Postingan kali ini tentang bagaimana Cara Menghapus Widget atau Gadget di Blogger - Blogspot.
Abdul Hamid Info - Menghapus widget atau Gadget, bagi blogger yang sudah cukup lama terjun di dunia blogging dan suka othak-athik template memang bukan sebuah persoalan, akan tetapi bagi beberapa blogger yang baru (newbie) dalam tahap pengenalan memang kadang terasa begitu sulit.

Persoalan atau kesulitan ini biasanya muncul akibat rasa kekuatiran akan terjadinya sebuah kesalahan yang mungkin menyebabkan rusaknya desain blog ketika langkah penghapusan widget atau gadget coba dilakukan. Kurangnya pemahaman tentang desain blog atau template memang jadi masalah bersama karena hampir semua blogger rata-rata tidak mempunyai latar belakang pemahaman desain blog atau kode HTML.

Biasanya kemampuan untuk melakukan modifikasi melalui penambahan atau pengurangan kode html adalah hasil belajar secara otodidak ataupun melalui tutorial yang banyak terpostingkan dalam blog-blog yang fokus postingnya tentang kode HTML, javascript dan kode CSS disertai bentuk panduan serta tips dan trik.

Postingan kali ini tentang bagaimana Cara Menghapus Widget atau Gadget di Blogger - Blogspot. Untuk Penyelesaiannya ada 2 cara Sob.

1. Melalui Page Elements (Elemen Laman) --> Add a Gadget (Tambah Gadget).Menghapus widget melalui Elemen Laman merupakan cara termudah yang biasa dilakukan oleh blogger pada umumnya.

2. Melalui halaman Edit HTML

Langsung aja ya Sob

1. Melalui Page Elements (Elemen Laman

=>Login ke Blogger.
=>Setelah login, Sobat akan menjumpai halaman Dasboard (Dasbor). Silahkan klik link Design (Rancangan).
=>Halaman selanjutnya yang terlihat adalah Page Elements (Elemen Laman). Lihat dan cermati widget yang akan di hapus. Jika Sobat telah memberikan nama pada setiap widget yang terpasang maka dengan cepat akan langsung terlihat nama widgetnya.
=>KLIK EDIT yang terletak disamping kanan nama widget.
=>KLIK HAPUS (DELETE) dan SAVE (Simpan). Silahkan Lihat hasilnya.

2. Melalui halaman Edit HTML.

Cara ke-2 ini lebih rumit dari yang pertama. namun kadang-kadang cara berbeda ini harus dilakukan juga agar Sobat lebih cepat memahami tentang kode-kode yang digunakan di template. Belajar dari hal-hal yang terlihat sederhana seperti saat ini akan membuat Sobat secara tak langsung menjadi lebih mengenal desain dasar blog (template). Untuk memulainya, Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

=>Login ke blogger seperti di atas ->DESIGN (Rancangan) ->EDIT HTML.
=>Back-up template terlebih dahulu dengan klik Download Template Lengkap (Download Full Templates).
=>Cari dan temukan kode yang terlihat seperti di bawah ini. Kode yang nantinya terlihat akan sesuai dengan widget yang tersimpan di blog, demikian juga nama widgetnya. Sebagai contoh yang akan kita cari dan hapus adalah widget label (dengan nama widget misalnya Kategori). Gunakan Ctrl+F untuk mencari teks Kategori. Hasilnya seperti kode dibawah ini:

Kode:
<b:section class='sidebar' id='newsidebar' preferred='yes'> <b:widget id='Feed1' locked='false' title='Recent Posts' type='Feed'/> <b:widget id='Label1' locked='false' title='Kategori' type='Label'/> <b:widget id='BlogArchive2' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'/> </b:section>

=>Hapus kode HTML berwarna hijau (dengan tulisan Kategori sesuai yang kita cari dan ingin hapus), hingga hanya tersisa kode seperti di bawah ini:

Kode:
<b:section class='sidebar' id='newsidebar' preferred='yes'> <b:widget id='Feed1' locked='false' title='Recent Posts' type='Feed'/> <b:widget id='BlogArchive2' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'/> </b:section>

=>Simpan & lihat hasilnya

Sumber: Labor Blog

Baca Juga
Halaman:
Advertise

21 comments

  1. Info yang menarik sob....
  2. gimana g bisa lo tetepan
  3. mantabs gan,, tipsnya saya terapkan dan hasilnya welldone... ^^
  4. oke banget..
  5. terima kasih :D
    sangat membantu
  6. mantab... visit my blog ya sob
  7. gan makasih ya gan
  8. gan jangan lupa mau ke blog gue ya nih dia http://gmbagibagicharcso.blogspot.com
  9. .. punya aq berkali^ udah aq apus,, namun kok pas aq ganti template slalu nongol ya?!? ..
  10. Thx Infonya gan.....
  11. seep, makasih gan...
  12. mantab bro, kunjungan balik
  13. Jika anda sedang mencari tanah, kunjungi www.jualsewatanah.com
  14. maka sih infonya gan !
  15. sip...yang aku cari disini bos guna revisi blogspotku
  16. terimakasih, sangat membantu
  17. terimakasih infonya membantu.
  18. Terimakasih infonya Bro...
  19. Terima kasih banget kawan...sangat bermanfaat
  20. Kunjungan Balik http://www.rahmatfirdaus-pgsd.info/
  21. Thanks ...
Abdul Hamid Info sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.
Post a Comment
tes4 tes4 tes4 tes4
tes5 tes5 tes5 tes5 tes5
Advertise
CLOSE