-->
Advertise
Advertise

7 Cara Mengatasi Windows 7 Lemot

Advertise
Abdul Hamid Info - Pada dasarnya, OS yang satu ini memiliki tingkat kecepatan dan kinerja yang baik plus dukungan interface yang bagus. ilustrasi Windows 7 Net
- Saat ini sebagian besar pengguna komputer, baik itu PC ataupun laptop, menggunakan Windows 7 sebagai operating system (OS). Pada dasarnya, OS ini mempunyai kualitas kecepatan dan kinerja yang baik plus dukungan interface yang bagus.

Ya, tampilan Windows 7 memang banyak yang menggunakan visual effect tertentu namun kinerjanya tetap terjaga dengan baik. Namun, masih ada unsur-unsur lain yang dapat di-tweak alias ditingkatkan untuk optimalisasi Windows 7. ada beberapa tips yang akan dishare dibawah ini.

1. Mempercepat waktu Booting Windows 7

Waktu booting yang singkat tentu akan menyenangkan. Percepat waktu/timing booting Windows 7 dengan cara menambahkan jumlah processor yang berkerja saat booting, biasanya processor yang bekerja hanya 1 buah. Berikut langkah-langkahnya adalah:

Klik Start (logo Windows) dan ketik msconfig pada kotak Search program and files. Klik pada aplikasi yang terlihat atau tekan Enter aja langsung.
Pilih tab Boot dan klik Advance options
Pada jendela baru yang muncul, centang radio Number of processors, kemudian pilih jumlah yang diinginkan. 2 processor sudah sangat baik, namun bisa saja sobat memilih angka yang lebih tinggi sesuai dengan jumlah core (4 atau 8).
Klik OK dan Apply. Setting ini akan berlaku setelah komputer direstart.
2. Kurangi program yang bekerja pada StartUp Windows 7

Aplikasi yang bekerja pada StartUp Windows akan beroperasi secara otomatis ketika komputer dinyalakan. Itu artinya komputer membutuhkan waktu tambahan untuk membuka program-program tersebut di background. Namun, tak semua aplikasi tersebut bermanfaat (bahkan ada yang tidak pernah digunakan sama sekali, ), misalnya printer tool, photo tools, dan sebagainya.

Coba betul-betul dicek, apakah program-program yang ada pada StartUp, sebenarnya perlu untuk dijalankan secara otomatis atau tidak. Jika tidak, lebih baik dihapus aja dari StartUp dan buka secara manual apabila mau menggunakannya. Untuk memeriksa Windows StartUp, caranya adalah sebagai berikut:

Klik Start (logo Windows), pada kotak Search ketik msconfig. Tekan Enter.
Pilih tab Startup. Kemudian akan tampil daftar program yang berjalan otomatis saat komputer dinyalakan. Hilangkan tanda ceklis untuk menonaktifkan program yang dirasa tidak perlu.
Apabila sudah selesai, klik OK.

Sekarang sobat tidak perlu melakukan terlalu banyak “refresh” saat komputer baru dinyalakan. Restart komputer untuk mengetes perubahannya.

3. Mengurangi Visual Effect Windows 7

Tampilan yang menarik dan menggunakan efek khusus selalu berbanding terbalik dengan performa. Mereka seakan bermusuhan . Kurangi sedikit efek-efek yang kurang penting, khususnya yang sangat berpengaruh terhadap kecepatan Windows 7. Diantaranya adalah efek-efek seperti:
Animate windows when minimizing and maximizing
Enable transparent glass
Fade or slide menus into view
dll,

Dari beberapa pilihan diatas, non aktifkan “Animate windows when minimizing and maximizing” adalah yang paling direkomendasikan, karena mempercepat perpindahan antar window satu ke window lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

Klik Start (logo Windows) kemudian ketik SystemPropertiesPerformance pada kota Search. Klik aplikasi yang ditampilkan atau tekan Enter.
Pada tab Visual Effects, hilangkan ceklis pada radio Animate windows when minimizing and maximizing. Perhatikan juga pilihan-pilihan lainnya. Jika mau menghilangkan efek-efek yang dirasa tidak dibutuhkan, hilangkan saja tanda ceklis nya.
Setelah itu klik OK.

4. Nonaktifkan sistem Index Search di Windows 7

Windows 7 akan melakukan indexing pada setiap file yang terdapat pada komputer. artinya, untuk mempercepat proses saat melakukan searching (pencarian) melalui Windows Explorer. Kenyataannya, sangat jarang kita menggunakannya, karena paling tidak kita mengetahui semua letak file yang tersimpan pada komputer kita. artinya, sangat jarang sekali menggunakan mode search di komputer sendiri.

Proses Indexing pada Windows 7 bekerja setiap waktu dan menggunakan sejumlah memori. Bahkan, proses ini membutuhkan space tersendiri di hardisk untuk menyimpan file yang terindeks. Semakin banyak file di dalam komputer maka semakin banyak pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. Singkatnya, menonaktifkan proses indexing akan lebih baik. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Klik Start (logo Windows) kemudian ketik Services.msc pada kotak Search. Tekan Enter.
2. Pada jendela yang terlihat, kemudian cari Windows Search (tersusun berdasarkan abjad).
3. Klik kanan pada Windows Search dan pilih Stop atau Disable.
5. Memindahkan Font Windows 7 yang tidak digunakan

Font yang terinstal di komputer umumnya berjumlah ribuan. Pertanyaannya, berapa persen sih yang sering digunakan? Kecuali kalau sering bermain di CorelDraw atau aplikasi design grafis lainnya untuk keperluan bisnis, maka tentu font-font ini sangat jarang tersentuh. Semua font tersebut akan ter-load oleh Windows 7. Untuk optimalisasi kinerja Windows 7, pindahkan font-font (yang tidak terpakai) dari file system. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Control Panel (Klik Start dan pilih Control Panel, atau buka melalui Windows Explorer), kemudian pilih folder Fonts.
2. Buat folder baru untuk mem-back up atau menyimpan font-font yang tidak terpakai.
3. Pilih dan pindahkan (cut & paste) font-font tak terpakai ke folder yang baru dibuat. Tidak perlu dihapus, karena mungkin suatu saat dibutuhkan. Jika ingin kembali menggunakannya, cukup copy & paste font ke folder Fonts yang ada di Control Panel.

6. Mempercepat Proses Shutdown Windows 7

Proses shut down Windows 7 sudah cukup cepat, tapi tak ada salahnya agar membuatnya lebih cepat lagi, jadi tidak perlu terlalu lama menunggu komputer atau laptop benar-benar mati. Berikut langkah-langkahnya:

Klik Start (logo Windows) kemudian ketik regedit pada kotak Search. Tekan Enter.
Cari dan buka HKEY-LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CurrentControlSet >> Control.
Pada konten yang terdapat pada bagian kanan, klik kanan pada WaitToKillServiceTimeOut. Kemudian ubah nilainya menjadi lebih kecil.
Secara default nilainya adalah 12000 (12 detik). Memperkecil nilainya akan mempercepat proses shutdown komputer.
Klik OK atau tutup regedit. Restart komputer untuk mengetes perubahannya.
7. Tips Lain Untuk Mempercepat Windows 7

Setelah penjelasan langkah utama mempercepat kinerja Windows 7. ada beberapa tips lainnya yang tak ada salahnya diterapkan agar kinerja Windows 7 jadi semakin cepat. Di antaranya adalah:

Cek secara rutin dan hapus file-file tidak berguna pada system komputer seperti system files, temporary files, dan file-file log lainnya. caranya, gunakan fitur Disk Cleanup pada Windows7.
Melakukan Defragment pada hardisk setiap 1 atau 2 bulan sekali.
Gunakan software tweaking/tune up komputer seperti CC Cleaner, PCBoost, TuneUp Utilities, dan sejenisnya. Sangat membantu dan menghemat waktu.

Jika kebetulan ada sobat yang tersesat membaca tulisan ini dan punya tips mempercepat kinerja Windows 7 yang lainnya, bisa berbagi melalui komentar di bawah ini.

Baca Juga
Halaman:
Advertise

Post a Comment

Abdul Hamid Info sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.
Post a Comment
tes4 tes4 tes4 tes4
tes5 tes5 tes5 tes5 tes5
Advertise
CLOSE