-->
Advertise
Advertise

Cara Memaksimalkan Ram Komputer dan Laptop

Advertise
Salah satunya solusi yang baik dengan mengganti RAM tapi mau ganti RAM, tapi uangnya belum ada. hehehe...Untuk mengetahui harga RAM, Sobat tinggal searching aja di google atau yang lainnya.
Abdul Hamid Info - Awalnya Ane kesel neyh Sob sama performanya laptop ane. selidik punya selidik ane mulai dari RAM. Salah satunya solusi yang baik dengan mengganti RAM tapi mau ganti RAM, tapi uangnya belum ada. hehehe...Untuk mengetahui harga RAM, Sobat tinggal searching aja di google atau yang lainnya.




Setelah Ane cari sana sini solusi untuk mengoptimalkan RAM, akhinya Ane dapatkan juga Sob dan di postingan kali ini Mau Berbagi Tips & Triknya yang Sudah Ane dapat dan dicoba juga bisa di terapkan untuk komputer. hasilnya lumayan memuaskan. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini Sob.

1. Jalankan Task Manager, tekan Ctrl + Alt + Del, kemudian klik tab Performance. Cara membaca informasi yang ada pada Task Manager untuk mengoptimalkan penggunaan RAM Sobat adalah sebagai berikut:

2. Jika Total Commit Charge lebih besar dari Total Physical Memory, berarti komputer Sobat membutuhkan RAM yang lebih besar. Saat Total Commit Charge lebih besar dari Total Physical Memory berarti komputer Sobat secara teratur harus menggunakan Page File, yang akan membuat system Sobat menjadi lambat. Sobat harus membeli RAM untuk menambah kapasitas RAM untuk mengatasi masalah ini.

3. Jika Peak Commit Charge mendekati Limit Commit Charge, berarti Sobat harus menambah RAM atau memperbesar ukuran dari Page File.

4. Hapus DLL di cache memory. Apabila system Sobat terasa lambat saat Win XP berjalan untuk beberapa saat atau RAM tiba - tiba menjadi sedikit, mungkin penyebabnya ialah file DLL dari program - program yang sudah tidak lagi dijalankan, tetapi Win XP masih menyimpannya di memori. Terkadang Win XP menyimpan file - file DLL di cache memori, bahkan saat program yang memerlukan file DLL tersebut sudah tidak lagi dijalankan. Hal tersebut dapat mengurangi memori yang tersedia bagi aplikasi - aplikasi yang lain. Sobat bisa menghapus file DLL yang sudah tidak digunakan di cache memori melalu Registry. Caranya, buka Registry Editor kemudian cari : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer




Buat DWORD baru dengan nama value-nya AlwaysUnloadDll , kemudian berikan data value-nya 1. Exit registry editor kemudian restart komputer Sobat.

5. Kurangi "Color Quality". Menggunakan warna 32 bit lebih banyak memakai memori daripada menggunakan warna 16 bit. Jika komputer Sobat biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan kantor seperti word processor dan spreadsheet maka perbedaan antara warna 16 bit dan 32 bit tidak terlalu terlihat, jadi lebih baik turunkan saja color quality menjadi 32 bit. Caranya, klik kanan di tempat kosong di desktop Sobat | Properties | Settings kemudian di color quality box pilih 16 bit.

6. Hindari aplikasi - aplikasi DOS. Aplikasi - aplikasi DOS menyebabkan Win XP tidak mengatur penggunaan memori dengan baik. Jika Sobat masih menggunakan aplikasi - aplikasi DOS, ganti saja dengan yang versi Windows. Misalnya Sobat saat ini masih menggunakan Turbo PASCAL 7.0 lebih baik ganti saja dengan Turbo PASCAL for Windows.

7. Kurangi / Hapus icon shortcut yang ada di desktop Sobat. Setiap icon di desktop Sobat cukup memakan memori. Hapus saja icon - icon yang jarang Sobat gunakan di desktop Sobat. Coba gunakan Clean Desktop Wizzard untuk menghapus icon desktop yang jarang Sobat gunakan secara otomatis. Klik kanan di dektop Sobat | Properties | Desktop | Customize Desktop | Clean Desktop Now. Ikuti Wizard untuk menghapus icon yang sudah tidak/jarang digunakan.

8. Kurangi aplikasi dan services yang tidak diperlukan. Banyak sekali services windows yang berjalan di background yang sebernanya tidak terlalu Sobat butuhkan. Untuk melihat services apa saja yang berjalan pada saat start up, klik Start | Run kemudian pada box Open ketik msconfig klik OK. Lihat pada tab Services, yang tercentang adalah services yang berjalan pada saat start up, Sobat bisa menghilangkan tanda centang atau tanda cek pada services yang tidak Sobat butuhkan, setelah itu klik OK kemudian restart komputer Sobat.

Baca Juga
Halaman:
Advertise

Post a Comment

Abdul Hamid Info sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etis lah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.
Post a Comment
tes4 tes4 tes4 tes4
tes5 tes5 tes5 tes5 tes5
Advertise
CLOSE